Sejarah Ambalan Ken Arok Ken Dedes SMA Negeri 4 Singaraja



         Halo guys bantu share tugas Pramuka Sejarah Ambalan Ken Arok Ken Dedes ,ini nih Sejarah Singkatnya cukup 1 HALAMAN DOUBLE FOLIO kok!       


           Ambalan di SMA N 4 Singaraja berdiri pada tanggal 16 Oktober 2009 dengan nama Ken Arok Ken Dedes dengan nomor gudep 05.019  - 05.020. Nama Ken Arok Ken Dedes itu sendiri di ambil dari kisah Kerajaan Singosari yang dimana Kerajaan Singosari merupakan kerajaan yang disegani oleh kita anak - anak ambalan Ken Arok Ken Dedes karena Ken Arok merupakan seorang pemuda yang gagah berani dan berani memperjuangkan kehidupan rakyat kecil dan juga tidak takut dengan segala halang rintang yang menghadangnya. Serta Ken Dedes yang merupakan seorang istri dari Raja Kediri yang dimana nantinya Ken Dedes menjadi istri dari Ken Arok yang dilihat pertama kali oleh Ken Arok mengeluarkan cahaya sinar yang terang benderang dan sangat cantik. Ken Arok atau sering pula ditulis Ken Angrok (lahir di Jawa Timur pada tahun 1182, wafat di Jawa Timur pada tahun 1247 atau 1227), adalah pendiri Kerajaan Tumapel (yang kemudian terkenal dengan nama Singhasari). Ia memerintah sebagai raja pertama bergelar Rajasa pada tahun 1222 - 1227 (atau 1247) dan Ken Dedes adalah nama permaisuri dari Ken Arok pendiri Kerajaan Tumapel (Singhasari). Ia kemudian dianggap sebagai leluhur raja-raja yang berkuasa di Jawa, nenek moyang wangsa Rajasa, telah yang berkuasa di Singhasari dan Majapahit. Tradisi lokal menyebutkan ia sebagai perempuan yang memiliki kecantikan luar biasa, perwujudan kecantikan yang sempurna.
Dapat diumpamakan dengan para siswa dan sisiwi SMA 4 singaraja bagi siswalaki laki dapat dianalogikan bagaikan ken Arok seorang pemimpin yang disegani sedangkan bagi  siswi dapat dianalogikan bagai ken dedes adalah putrid yang sempurna dan tak gentar menghadapi haling rintang
Dalam perkembangannya baik ken Arok maupun Ken dedes memiliki masa lalu yang buruk
Ken Arok adalah dikisahkan sebagai putra Dewa Brahma dengan seorang wanita desa Pangkur bernama Ken Ndok,Oleh ibunya,bayi Ken Arok dibuang di sebuah pemakaman,hingga kemudian ditemukan dan diasuh oleh seorang pencuri bernama Lembong.
Ken Arok tumbuh menjadi berandalan yang lihai mencuri dan gemar berjudi,sehingga membebani Lembong dengan banyak hutang.Namun pada akhirnya berhasil menjadi raja pertama Singosari dan Menurut Pararaton, Ken Dedes adalah putri dari Mpu Purwa, seorang pendeta Buddha dari desa Panawijen. Pada suatu hari Tunggul Ametung akuwu Tumapel singgah di rumahnya. Tunggul Ametung jatuh hati padanya dan segera mempersunting gadis itu. Karena saat itu ayahnya sedang berada di hutan, Ken Dedes meminta Tunggul Ametung supaya sabar menunggu. Namun Tunggul Ametung tidak kuasa menahan diri. Ken Dedes pun dibawanya pulang dengan paksa ke Tumapel untuk dinikahi.
Ketika Mpu Purwa pulang ke rumah, ia marah mendapati putrinya telah diculik. Ia pun mengutuk barangsiapa yang telah menculik putrinya, maka ia akan mati akibat kecantikan Ken Dedes dan pada akhirnya menikahi ken Arok raja Singosari menjadi ratu yang disegani rakyatnya namun anaknya anusapati yang berasal dari pernikahannya dengan tunggul ametung Anusapati merasa dianaktirikan oleh Ken Arok. Setelah mendesak ibunya, akhirnya ia tahu kalau dirinya bukan anak kandung Ken Arok. Bahkan, Anusapati juga diberi tahu kalau ayah kandungnya telah mati dibunuh Ken Arok.
Maka, dengan menggunakan tangan pembantunya, Anusapati membalas dendam dengan membunuh Ken Arok pada tahun 1247.
Walau demikian dapat dikatakan ken arok teteplah raja yang disegani kepemimpinannya
Dan ken dedes dikaruniai kecantikan bahkan Masyarakat Jawa percaya kalau raja adalah pilihan Tuhan. Ken Dedes sendiri merupakan leluhur raja-raja Majapahit versi Pararaton.
Dengan begitu diharapkan siswa dan siswi SMA 4 Singaraja dapat menjadi pribadi seperti ken Arok dan Ken dedes dengan segala kebaikan dan keistimewaannya dan tak meniru keburukan yang dilakukan ken Arok "si pembunuh,penculik" Suami Ken dedes dan menculik Ken dedes untuk menjadi istrinya
 dan Ken dedes yang sedikit menghasut Anaknya untuk pembunuh Ken Arok

Demikian sejarah Ambalan ken Arok ken Dedes 05-019  05-020


FourSMa Jaya 

Dikoment donk buat perbaikan please......


Comments

Post a Comment